15.4.12

Sekilas Tentang SMK Theresiana Semarang

Hari ini aku mau sedikit s\cerita tentang sekolahku yaitu SMK Theresiana yang terletak di kota Semarang. SMK ini memiliki 4 kompetensi keahlian yaitu Farmasi, Farmasi Industri, Analis Kesehatan, dan Patiseri ( Pembuatan kue). Kalau aku masuk ke kompetensi keahlian Analis Kesehatan hehe. Well, sekarang kita akan bahas satu persatu.

1. FARMASI

Kompetensi Keahlian Farmasi SMK Theresiana didirikan tahun 1964. Pada awalnya sekolah ini dikenal dengan namaSekolah Asisten Apoteker (SAA) yang kemudian pada perkembangannya berganti nomenklatur menjadi SMK Theresiana Kompetensi Keahlian farmasi. Kompetensi keahlian ini berkonsentrasi di bidang pelayanan/farmasi komunitas.

Kegiatan Laboratorium

a. LABORATORIUM FARMASETIKA
Siswa diajarkan proses meracik berbagai sediaan obat. Didukung dengan fasilitas yang lengkap dan akomodatif sehingga menyuguhkan suasana yang kondusif untuk belajar.

b. LABORATORIUM FARMAKOGNOSI
Siswa diajarkan mengenal lebih dalam tanaman yang berkhasiat sebagai obat dan obat tradisonal.

c. LABORATORIUM KIMIA
Siswa diajarkan mengenal lebih jauh penggunaan bahan bahan kimia sebagai obat. Laboratorium ini dilengkapi dengan perangkat audio sistem, laboratorium ini menawarkan situasi belajar yang serius namun santai.

PROSPEK KERJA
a.Instalasi Farmasi Rumah SAkit
b.Industri Farmasi
c.Pedagang Besar Farmasi
d.Apotek
e.Toko Obat

Lokasi : Jl. Mayjen Sutoyo 69 Semarang
             Telp : 024 8416950

2. FARMASI INDUSTRI

Kompetensi keahlian Farmasi Industri SMK Theresiana adalah Sekolah Menengah Kejuruan dengan kompetensi keahlian baru yang pertama hadir di Jawa Tengah. KOmpetensi ini merupakan institusi pendidikan pencetak sumber daya manusia dengan keahlian sebagai tenaga pelaksana produksi yang kompeten dan profesional.

Kegiatan Laboratorium

a.LABORATORIUM TEKNOLOGI FARMASI
Siswa diajarkan memproduksi berbagai sediaan farmasi dalam skala kecil maupun skkala besar. DIdukung fasilitas peralatan yang lengkap membuat siswa dapat beljar secara optimal.

b.LABORATORIUM KIMIA FARMASI
Siswa diajarkan until mengenal bahan kimia yang digunakan sebagai obat dan mampu mengidentifikasi suatu bahan obat. Didukung susana laboratorium yang nyaman membuat siswa dapat belajar dengan maksimal..

c.LABORATORIUM FARMAKOGNOSI GALENIKA
Siswa diajarkan mengenal tanaman obat dan memproduksi berbagai macam sediaan obat tradisional dalam skala kecil maupun sklala besar.

PROSPEK KERJA
a.Industri Farmasi
bObat Tradisional
c.Industri Kosmetika
d.Industri Makanan dan Minuman

Lokasi : Jl. Mayjen Sutoyo 69 Semarang
              Telp. 024 8416950

3.ANALIS KESEHATAN
Program Keahlian Analis Kesehatan SMK Theresiana siap mendidik calon siswa untuk menjadi tenaga kesehatan lanoratorium yang tampil berkualitas sebagaimana diharapkan masyarakat dan dibutuhkan dunia kerja.

Kegiatan Laboratorium

a.LABORATORIUM MEDIS
Patologi Klinik, Mikrobiologi, dan Media

b.LABORATORIUM KIMIA
Kimia Air, Makanan dan MInuman, Kimia Analisa & Kimia Farmasi

PROSPEK KERJA
a.Rumah Sakit
b.Laboratorium Klinik
c.Balai Laboratorium Kesehatan Negeri
d.Laboratorium Industri Makanan & MInuman
e.Puskesmas
f.Industri Obat

Lokasi : Jl. Seroja Dalam I/10 Semarang
             Telp. 024 8316684

4.PATISERI
Kompetensi Keahlian Patiseri merupakan kompetensi keahlian yang mempelajari seni kuliner. Patiseri merupakan salah satu pengetahuan dalam pengolahan dan penyajian makanan, khususnya mengolah dan menyajikan berbagai jenis kue tradisional maupun modern.

DAPUR PATISERI
Di sini siswa diajarkan membuat kue, baik kue tradisional maupun kue modern. Mulai dari pembuatan resep kue, pembuatan hingga penyajian kue untuk menambah nilai estetika.

PROSPEK KERJA
a.Perhotelan
b.Restoran
c.Coffee shop
d.Toko Bakery
e.Membuka lapangan kerja sendiri

Lokasi : Jl. Gajah Mada 91 Semarang
             Telp. 024 3552635

Sekian sekilas tentang SMK Theresiana. Buat temen temen yang berminat bisa menghubungi alamat yang sudah tertera diatas. hehe. Terimakasih :)





2 komentar:

  1. Ada kompetensi keahlian yg baru, k. Nama nya teknik bodi otomotif (TBO)

    BalasHapus
  2. Ada juga kompetensi keahlian yg dari smk kimia industri. Ada kompetensi keahlian kimia industri dan agribisnis pengolahan hasil pertanian&perikanan (APHP)/teknologi pangan (TP)

    BalasHapus

Labels